Kawah Putih, Bandung Punya Danau Bak di Negeri Dongeng

Posted on

Kawah Putih adalah salah satu tujuan favorit wisata kalau kamu mau berlibur ke bandung, keindahan alam di sisi selatan bandung itu menyuguhkan pemandangan yang sangat indah.

Pada ketinggian lebih dari 2000 meter di atas permukaan laut, tempat ini terbentuk akibat letusan Gunung Patuha yang menjadikannya danau, konon dari masyarakat sekitar nama Patuha itu berasal dari kata “Sepuh” yang kalau di terjamahkan kedalam bahasa indonesia adalah “Pak Tua” itulah asal usul nama gunung yang terletak di Ciwidey, Kabupaten Bandung ini.

 

Sejarah Kawah Putih

Kurang lengkap bila wisatabintan.com kalau mengulas info wisata tidak lengkap dengan sejarahnya, dan bisa dipastikan setiap tempat wisata pasti memiliki legenda atau asal muasalah tempat tersebut terbentuk dan menjadi tempat wisata terfavorit jika berkunjung ke bandung.

Awal Muasal Terbentuknya Kawa Putih, Ciwidey

Sebenarnya kawah putih ini adalah bernama “kawah gunung patuha” namun seiring berjalannya waktu dan lebih populer di kenal masyarakat luas tertanamlah nama “Kawah Putih”.

Gunung patuha ini sebenarnya memiliki dua kawah yang satu biasa di sebut Kawah Putih, kawah keduanya berada di bagian barat, tempat ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada abad 10 dan 12.

Pada awalnya, objek wisata tersebut tidak diketahui keberadaannya oleh masyarakat setempat. Keberadaannya terungkap berkat usaha seorang ahli yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn.

Pada tahun 1837, Junghuhn pergi ke puncak Gunung Patuha untuk melakukan sebuah penelitian. Ia berhasil mencapai puncak Gunung Patuha dan dari sana ia melihat ada sebuah danau dengan air yang sedikit berwarna hijau dengan semburan lava di atasnya.

Atas penemuan ini, Pemerintah Belanda yang kala itu menjajah Indonesia mendirikan pabrik kapur dengan nama Zwavel Ontgining Kawah Putih. Setelah kekuasaan diambil alih pemerintah Jepang, namanya pun berubah menjadi Kawah Putih Kenzanka Yokoya Ciwidey.

Berawal dari situ, keberadaannya menjadi sangat terkenal. Pada tahun 1987, pemerintah mulai mengembangkan kawasan ini sebagai tempat wisata.

Keindahan Kawah Putih, Ciwidey

 


Ketika mengunjungi kawah putih kamu serasa di bawa ke negeri dongeng, karena memang keindahannya yang sangat memukau, sesuai namanya kawah ini merupakan sebuah danau dengan air berwarna putih, jadi jangan heran kalau kamu betah berlama-lama disana. Dengan pemandangan air putih dan kabut tebal yang turun semakin menambah keeksotisannya.

Layaknya di negeri dongeng tempat ini didukung dengan pemandangan alam sekitar yang di kelilingi hutan mati, ranting pohon kering pun menguatkan susanan serasa kita berada di negeri dongeng.

Tak heran jika pengunjung menjadikan kawah putih spot foto yang menarik untuk di abadikan, jadi kalau kesini siapkan DSLR / Handphone dengan baterai full bar agar setiap momen bisa di abadikan.

Oiya di kawah ini ada hal yang unik, yaitu airnya bisa berubah warna sesuai sinar matahari yang meneranginya, ketika sinar matahari meredup airnya akan berubahan kecoklatan dan ketika sinar matahari langsung menyinari kawah, airnya akan berubah menjadi warna hijau kebiruan.

Siapkan juga mantel/jaket yang tebal karena suhu di kawah putih ini cukup dingin mencapai titik terendah 12 – 17 derajat celcius, Dengan mengunjungi tempat ini, kamu pun bisa rileks dan bisa menikmati pemandangan yang menyejukkan hati dan damai serta jauh dari hiruk pikuk seperti di kota-kota besar.

Peta & Rute Jalan Menuju Ke Kawah Putih


Kalau kamu tertarik ingin berkunjung, untuk akses jalannya tidak sulit, lokasinya hanya berada sekitar 25 km dari pusat kota bandung, jadi bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.

Kendaraan Pribadi

Rute jalan yang di tempuh jika menggunakan kendaraan pribadi kalau kamu dari luar kota bandung bisa keluar dari pintu tol soreang, tak lama ke arah selatan kamu akan sampai di ciwidey, dan tak jauh terlihat pintu gerbang masuk wisata kawah putih.

Kalau dengan motor dari Jakarta, ada dua jalur yang bisa kamu pilih. Pertama, rute Jakarta – Bandung via Purwakarta, kamu akan melewati empat kota, yaitu Jakarta – Kota Bekasi – Kabupaten Bekasi – Kabupaten Karawang – Kabupaten Purwakarta – Kabupaten Bandung – Cimahi – Kota Bandung.

Kedua, via jalur Jonggol, jalur ini memakan jarak tempuh lebih sedikit dari jalur pertama. Kamu akan melewati jalur Puncak Bogor – Cianjur – Bandung Barat – Cimahi – Kota Bandung.
Setelah itu tinggal ikuti jalan hingga sampai di Padalarang. Dari Padalarang diteruskan ke arah Soreang melalui Batujajar dan lanjut ke Ciwidey. Tidak jauh dari situ, kamu akan melihat pintu masuknya di sebelah kiri jalan.

Transportasi Umum

Kalau naik bus, kamu bisa turun di Terminal Leuwipanjang. Dari Leuwipanjang kamu bisa keluar ke gerbang depan terminal dan naik angkot jurusan Ciwidey.Setelah sampai di Ciwidey kemudian dilanjutkan naik angkot berwarna kuning jurusan Ciwidey – Situ Patenggang dan turun di pertigaan gerbang depan Kawah Putih.

Kalau naik kereta api, kamu bisa turun di Stasiun Bandung. Dari pintu keluar sebelah Utara, kamu harus naik angkot berwarna biru – hijau jurusan Sadang Serang – Caringin dan turun di Jalan Kopo.

Setelah itu, naiklah bus jurusan Leuwi Panjang – Ciwidey dan turun di terminal Ciwidey. Kemudian dilanjutkan lagi dengan naik angkot berwarna kuning jurusan Ciwidey – Situ Pantenggang dan turun di gerbang masuknya.

Sesampainya di Ciwidey, dilanjutkan lagi dengan naik angkot berwarna kuning dengan tujuan Situ Patenggang dan turun di depan pintu masuk wisata Kawah Putih Ciwidey.

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk Kawah Putih

Kalau ingin berkunjung ke wisata Kawah Putih Ciwidey, kamu harus perhatikan jadwal bukanya. Kawasan ini memang buka setiap hari, tapi hanya dari jam 07.00 sampai 17.00 WIB.

Jadi, kalau datang sudah terlalu sore, kamu pasti akan kurang puas menikmati keindahannya. Pastikan kamu punya banyak waktu untuk bisa menikmati pemandangan di Kawah Putih ini.

Untuk masuk ke lokasi, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp18.000/orang sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan harga Rp50.000/orang.

Harga yang harus kita bayar tentunya tak terlalu mahal untuk bisa menikmati pesona keindahan alam yang sangat luar biasa. Tentunya keindahan tersebut tidak bisa kita temukan di tempat lain.

Tips Wisata Ke Kawah Putih

ada sedikit tips dari admin sebelum kamu mengunjungi kawah putih ini, wisatabintan.com sarankan kamu berangkat pagi-pagi untuk mengindari kondisi macet di kawasan Kopo – Soreang (Jika dari luar kota) apalagi ketika akhir pekan biasanya macet di berbagai titik.

Wisatabintan.com sarankan lagi jika dari luar kota sebaiknya menyewa penginapan untuk beristirahat, mungkin sehari sebelum berjelajah kamu harus sudah ada penginapan untuk istirahat dulu.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, parkirlah di parkiran bawah dan kamu bisa naik transportasi yang sudah disediakan untuk menuju ke lokasi, yakni Ontang Anting.

Karena, jika parkir di atas, biaya untuk parkirnya tergolong sangat mahal. Bisa mencapai Rp150.000 untuk setiap kendaraannya.

One thought on “Kawah Putih, Bandung Punya Danau Bak di Negeri Dongeng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *